Keungulan

Sistem tata pamong Program Studi RPT tercermin dalam strukur organisasi yang sederhana dan mekanisme kerja yang telah ditentukan bersama.

Tata cara pemilihan pimpinan Program Studi Rangka Pesawat Terbang ditentukan/dipilih secara demokratis, terbuka dan kemudian diperkuat dengan Surat Keputusan Direktur Akademi Teknologi Aeronautika Siliwangi, hal ini dimaksudkan agar mendapatkan pimpinan yang kredible dan disenangi mayoritas civitas akademi. Hal yang dilakukan pula untuk pemilihan walikelas.

Setiap tahun Program Studi RPT menyusun anggaran dan melaporkan kegiatannya kepada direktur akademi, dan setiap awal semester diadakan pula rapat yang dihadiri oleh semua dosen, tenaga kependidikan maupun beberapa perwakilan mahasiswa untuk mengevaluasi program yang telah dilaksanakan dan mendapat masukan-masukan dari civitas akademi guna penyempurnaan program pendidikan.

Dengan struktur organisasi yang sederhana seperti pada gambar 2-1 diharapkan organisasi ini akan lebih mudah untuk menyesuaikan perubahan kebutuhan yang terjadi di dunia penerbangan.

Watak kepemimpinan yang dianut adalah sbb:
Bijaksana, lapang dada, rendah hati, mengutamakan kepentingan umum, kepedulian, Ing ngarso sung tulodo, Ing madya mangun karso, Tut wuri handayani.

Pelaksanaan tata pamong Program Studi Rangka Pesawat Terbang dipimpin oleh seorang Kepala Program Studi (Ka Prodi) yang bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan belajar mengajar yang sesuai dengan kurikulum dan melaporkan kegiatan pada program studi tsb ke Direktur Akademi. Selain itu Kepala Program Rangka Pesawat Terbang merencanakan dan berusaha mengadakan segala keperluan yang menyangkut kebutuhan dalam melaksanakan kegiatan PBM serta merencanakan pengembangan studi yang disesuaikan dengan keperluan industri. Tentunya kebijaksaan dalam mengambil keputusan tidak lepas dari visi dan misi program studi.

Sebagai pimpinan operasional, Kepala Program Studi dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh seorang tenaga kependidikan yang bertugas membantu melaksanakan tugas-tugas administratif. Jadi secara garis besar tugas-tugas Kepala Progam studi antara lain adalah bertanggung jawab untuk melaksanakan:
a. Pembuatan rencana kerja program studi berdasarkan kalender akademik
b. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan akademik/proses belajar mengajar dan kegiatan pendukung di lingkungan program studi
c. Mengkoordinasikan proses administrasi kegiatan akademik berikut kegiatan pendukungnya secara berkala
d. Melaporkan seluruh hasil kegiatan yang dilakukan kepada Direktur secara berkala minimal satu kali per semester
Untuk meringankan tugas-tugas yang berhubungan dengan mahasiswa, Kepala Program Studi dibantu oleh para wali kelas.

Selain tugas di atas, Ka Prodi juga berkewajiban untuk mengadakan hubungan dengan industri terkait, mencarikan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai pengetahuan tambahan bagi mahasiswa maupun dosen, membantu mencarikan tempat praktek kerja lapangan.

Sebagai pimpinan organisasi di Prodi Rangka Pesawat Terbang, kepala program harus mengkoordinir para stafnya agar pelaksanaan pendidikan di program studi ini dapat berjalan dengan baik.
Ketua program studipun didampingi oleh walikelas dapat mengundang orang tua mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mahasiswa baik akademik maupun administratif. Misalnya permasalahan kehadiran, diterbitkannya surat peringatan (SP), permasalahan akademik untuk perbaikan nilai hasil belajar, bimbingan atau konseling.

Sebagai pimpinan publik, Kepala Prodi Rangka Pesawat Terbang harus memiliki kemampuan untuk menjalin kerjasama dengan industri penerbangan, badan otoritas penerbangan dan institusi pendidikan sejenis yang bermanfaat dalam kelangsungan praktek mahasiswa, praktek kerja Lapangan (PKL) maupun pengembangan kurikulum serta kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu juga diharapkan Kepala Prodi harus dapat merencanakan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat, agar Prodi Rangka Pesawat Terbang dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat sekitarnya.

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional, Program Studi Rangka Pesawat Terbang menggunakan pendekatan fungsi-fungsi manajemen yaitu plaining, organizing, actuating dan controlling.

Dalam merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan perkuliahan yang meliputi penyusunan jadwal kuliah, jadwal praktek, jadwal tugas akhir, jadwal kerja praktek, seminar kerja praktek, sidang tugas akhir, evaluasi, kelulusan dan yudisium, Program Studi Rangka Pesawat Terbang mengacu pada buku Pedoman Sistem Mutu yang dikeluarkan oleh Akademi Teknologi Aeronautika Siliwangi. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan berkoordinasi dengan Koordinator Bengkel, Wali Kelas, Koordinator Tugas Akhir, dan Koordinator Kerja Praktek.

Kepala Program Studi bersama dengan Koordinator Bengkel selalu berusaha untuk memperbaiki fasilitas praktek untuk mengurangi ketegantungan akademi ini terhadap institusi lain.
Untuk mengembangkan para dosen, Ketua Program studi bekerjasama dengan Pembantu Direktur bidang Akademis dan Kemahasiswaan serta Pembantu Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan. Pengembangan ini dapat meliputi jenjang sekolah yang lebih tinggi. Namun demikian kami lebih mengutamakan pelatihan-pelatihan yang utamanya berhubungan erat dengan bidang keahliannya dan On The Job Trainning (OJT) agar menghasilkan peserta didik yang lebih mudah beradaptasi dengan pekerjaannya kelak, khususnya dalam bidang perawatan pesawat terbang.

Tim penjamin mutu dibentuk dari beberapa dosen tetap maupun tidak tetap yang akan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan. Hasil evaluasi ini akan didiskusikan pada rapat dosen pada akhir semester untuk dapat ditindaklanjuti.

Jaminan mutu sudah dilakukan sesuai standar yang baku. Jaminan mutu dimulai dari pemantauan pelaksanaan perkuliahan yang sesuai dengan SOP.


Bergabunglah bersama kami, raihlah sukses di depan mata!