Toto Hermanto Koilher

Wheels and Tires Inspection On Boeing 737-300

Setiap pesawat udara selama beroperasi pasti mempunyai jadwal untuk perawatan. Perawatan ini harus dilakukan, karena setiap komponen mempunyai batas usia tertentu sehingga komponen tersebut harus diganti. Selain itu, komponen juga harus diperbaiki bila ditemukan telah mengalami kerusakan. Secara garis besar program perawatan dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu perawatan preventif dan korektif. Perawatan preventif adalah perawatan yang mencegah terjadinya kegagalan komponen tersebut rusak. Sedangkan perawatan korektif adalah perawatan yang memperbaiki komponen yang rusak agar kembali ke kondisi awal.

Perawatan pesawat biasanya dikelompokan berdasarkan interval yang sepadan dalam paket-paket kerja atau disebut dengan clustering. Hal ini dilakukan agar tugas perawatan lebih mudah, efektif dan efisien. Interval yang dijadikan pedoman untukmelaksanakan paket-paket tersebut adalah Filght Hour, Filght Cycle, Calendar Time.

Untuk menunjang keselamatan dan keamanan pesawat pada waktu beroperasi, pesawat terbang terbang juga dilengkapi dengan program pengecekan yang meliputi : Transit Check, Before Departure Check, Daily Check (Overnight Check), Weekly Check. Aircraft Maintance Check adalah periode pemeriksaan yang harus dilakukan pada pesawat setelah penggunaan pesawat untuk jangka waktu tertentu, digunakan sebagai parameter interval untuk heavy maintanance yang meliputi A-Check, B-Check, C-Check dan D- Check. Inspeksi pada wheel dan tire merupakan salah satu program perawatan yang ada di pesawat. Supaya penerbangan pesawat berjalan aman dan nyaman, maka harus dilakukan inspeksi dan pengecekan secara berkala pada tiap-tiap komponen, khususnya komponen Wheel dan Tire harus dirawat dengan baik.

Toto Hermanto Koilher

(Wheels and Tires Inspection On Boeing 737-300)

Dwi Aryadi

(Troubleshooting Refuel Valve Fails To Close On The Completion A Refuel On The Aircraft Airbus A 320)

Bergabunglah bersama kami, raihlah sukses di depan mata!